Jika Seseorang sudah Divaksin Tiga Kali Secara Otomatis Dapat Kode 5G? Ini Faktanya


Kesimpulan:

Klaim bahwa jika seseorang sudah divaksin booster atau tiga kali maka secara otomatis akan mendapatkan kode 5 G, adalah salah. Faktanya, tulisan 5G yang tampak pada surat semacam tanda sudah divaksin yang terlihat dalam video itu merupakan editan.

Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.

Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.

Referensi:

https://facta.news/notizia-satirica/2022/02/01/la-terza-dose-di-pfizer-non-contiene-un-codice-5g-per-il-controllo-del-vaccinato/

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/1bVAmlWN-cek-fakta-vaksin-covid-19-penjara-berjalan-ini-faktanya

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016

Belum ada Komentar untuk "Jika Seseorang sudah Divaksin Tiga Kali Secara Otomatis Dapat Kode 5G? Ini Faktanya"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel